Selasa, 25 September 2012

Utamakan Fungsi, Bukan Tampilan

Komunitas Pengguna Apple di Padang

Oleh Heri Faisal

ELEGAN, hi-tech, simpel. Begitulah yang diungkapkan oleh para pengguna produk Apple Macintosh. Teknologi dan desain yang dirancang oleh mendiang Steve Jobs ini membuat penggemarnya loyal.

Tak hanya sebagai gaya hidup, teknologi yang disungguhkan membuat “hidup lebih mudah”. Di kota besar, khususnya di Padang, barang itu banyak dimiliki oleh para kaum profesional hingga pelajar.

Fungsi menjadi keunggulan produk Apple yang ingin terus dinikmati pengguna Apple di Padang (f/ sy ridwan)

Alasan memilikinya pun beragam, sesuai dengan kebutuhannya. Produk Apple yang populer ditengah masyarakat seperti iPod, iPad, iPhone, Macbook hingga iMac menjadi pilihan. Ada yang menggunakannya karena alasan prestise dan gengsi yang tinggi.

“Garansi bisa terus diperpanjang. Saya puas lah dengan Apple,” kata Harris Inyiak, salah satu anggota komunitas pengguna produk Apple di Padang yang menyebut diri mereka Mac Club Indonesia (MCI). Dia bergabung dengan komunitas itu sejak 2009 lalu.
Kelahiran kelompok tersebut katanya didasari dari kesamaan visi untuk menggunakan produk-produk berkualitas.

 Sekaligus sebagai forum curahan hati dan membagi pengalaman dalam menggunakan produk tersebut. “Kami sering diskusi, share soal produk-produk terbaru Apple. Dan yang paling penting bikin kegiatan-kegitan positif,” katanya.

Melalui forum itu dia berharap timbul rasa kekeluargaan di sesama anggota komunitas, serta berbagi ilmu tentang penggunaan dan pemanfaatan perangkat peranti lunak. Tak sampai di situ kegiatan sosial pun dilakukan untuk meningkatkan kegiatan sisi kemanusian mereka.

Seperti terlibat dalam penggalangan dana bencana alam yang terjadi di Sumbar. “Jadi forum ini akhirnya memang memiliki kegiatan positif, tidak sekadar berbagi informasi soal Apple,” katanya.

Anggota lainnya Eko Purnomo menyebut setiap bulan mereka rutin menggelar pertemuan. Tempatnya pun tak banyak pilihan. “Dimana saja bisa. Tapi biasanya di café-café, maklum anggota kami di Padang masih sedikit, baru sekitar 15 orang yang aktif,” sebutnya.
Dia berharap dalam waktu dekat, mereka yang memiliki ketertarikan dengan produk tersebut, atau yang sudah memiliki segera menggabungkan diri.

Makanya komunitas mereka membuka diri bagi siapa saja yang ingin bergabung. “Yang penting ada ketertarikan, satu lagi punya logo Apple,” tambah Nhanda Sky sedikit bergurau. Apakah itu mahasiswa, pelajar, maupun meraka yang sudah bekerja tidak ada batasan dalam komunitas tersebut.

Forum yang memiliki anggota di berbagai kota di Indonesia itu kata Haris sebenarnya dibentuk sebagai wadah komunikasi dan sharing informasi produk Apple saja. Tapi kemudian berkembang menjadi komunitas yang bertujuan mengubah mindset masyarakat tentang penggunaan produk berkualitas.

“Mungkin pertama anggapan orang produk Apple itu mahal, dan hanya dinikmati kalangan menengah ke atas. Sebenarnya tidak, harganya cukup terjangkau. Dan saya akui dibanding produk sejenis, Apple memuaskan dalam bekerja,” katanya.

Dia menyebut alasan menggunakan produk tersebut, selain karena memang produk ternama, juga bebas dari kemungkinan terkena virus, karena hardware dan software-nya sudah terintegrasi dalam satu paket, yang sangat memudahkan pengguna. Apalagi untuk tablet komputer katanya, software yang banyak digunakan masyarakat rentan terserang virus.

Keunggulan lain bisa dirasakan dalam fungsinya. Terutama untuk mahasiswa, pekerja kantoran, maupun mereka yang kerja pleksibel dengan notebook. “Sekali lagi kamu tak perlu berpikir ancaman kehilangan data, maupun kerusakan akibat kesalahan kecil,” katanya.

Maka untuk pencinta produk berlogo buah apel itu di Padang, dan tertarik bergabung silahkan berkomunikasi melalui medicine_hqr@yahoo.com.

Diterbitkan di Padang Ekspres Sabtu, 7 Januari 2012

Tidak ada komentar: